Rabu, 10 Juni 2015

Jombang is My City





Jombang adalah kota kecil yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur yang berbentuk Kabupaten. Pusat kota Jombang terletak di tengah-tengah wilayah Kabupaten. Jombang juga dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya.  Di antara pondok pesantren yang terkenal adalahTebuirengDenanyarTambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso)

Jombang memiliki 21 kecamatan. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa Jawa yang dituturkan banyak memiliki pengaruh Dialek Surabaya yang terkenal egaliter, dan blak-blakan. Kabupaten Jombang juga merupakan daerah perbatasan dua dialek Bahasa Jawa, antara Dialek Surabaya, dan Dialek Mataraman. Beberapa kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, dan Kediri memilki pengaruh Dialek Mataraman yang banyak memiliki kesamaan dengan Bahasa Jawa Tengahan. Salah satu ciri khas yang membedakan Dialek Surabaya dengan Dialek Mataram adalah penggunaan kata arek (sebagai pengganti kata bocah) dan kata cak (sebagai pengganti kata mas).





Makanan Khas Jombang



1. Nasi Kikil



    Kikil sendiri adalah kakinya sapi atau kerbau. kikil ini merupakan baan dasar makanan khas kiki jombang ini, Kikil dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang lumayan lama, ditambah dengan bumbu-bumbu khas, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah makanan khas kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi. Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masi muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Dalam penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.

2. Es Degan







Ciri Khas Jombang

Kabupaten Jombang memiliki ciri khas tentang kota santri sebab seringkali banyak membuat acara pengajian, yang seringkali didatangi oleh wisatawan domestik. Karena kota Jombang terkenal akan kota Santri, sehingga disini banyak sekali pondok-pondok pesantren, apalagi setelah Gus Dur meninggal Jombang semakin terkenal akan pondok-pondok disini. Serta banyak sekali orang yang berziarah ke makam Gus Dur yang terletak di kec. Cukir Kab. Jombang.






Kunjungi juga: UMM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar